__________________________________________________

Apa yang kamu dapetin setelah berhasil nge-hack Facebook orang lain?

Tulisan ini tidak bermaksud membuat kamu belajar hacking untuk kepo atau ngerusak sosial media atau apalah istilahnya...

Tapi hanya bermaksud sharing biar kamu-kamu para pengguna facebook lebih berhati-hati.

*aku sendiri sempat out dari FB, sebelum akhirnya balik lagi hehehe*

Ok, ceritanya gini...
Temanku dapet masalah sedikit. Dia ketipu kerabatnya sekian juta (gak penting juga dijabarin disini). Intinya Si Penipu ini masih berkeliaran di FB. Yang lebih miris lagi, dulu yang bikinin akun FB Si Penipu ini anak temanku yang ketipu itu.

*jadi berasa senjata makan Emaknya... wkwkwkwk*

Nah, selain dia ingin tahu keberadaan Si Penipu itu dia juga merasa takut klo sampe anaknya disangkutpautkan dengan aksi Si Penipu ini, temanku minta aku untuk shutdown akun FB-nya.

Awalnya aku ga mau. Selain sudah lama ga berkutat di "area item" internet, sekuriti masing-masing situs terus diupdate. Ini yang bikin sulit dan mesti browsing sana sini untuk cari cara terbaru. Cara lama sudah pasti ga bisa dipake.

Namun karena kasian.. ya...dengan berat hati aku bilang... "ok deh".

Mengapa berat hati?
Ini menyangkut prinsip, aku tidak akan ngurusi privasi orang lain dengan alasan apapun.

Mengapa masih nolong juga?
Saya juga punya anak, jadi saya tau bagaimana rasanya berusaha melindungi anak sebaik-baiknya, apalagi dalam konteks TIDAK BERSALAH".

Kembali ke FB, akhirnya aku ambil alih total.. lumayan berat juga karena teknologi verifikasi FB berganti-ganti.

*silakan cari sendiri metodenya di google ya, yang jelas kamu mesti dapetin kontrol penuh alamat email yang di pake login di FB oleh si target... lainnya soal gampang*

Singkat cerita, aku dapet kontrol penuh email dan FB nya. Yang jelas, begitu aku download data pribadinya ini yang aku dapetin:

*ni data sebenarnya bentuk data panjang per date gitu, tapi aku kelompokin biar mudah memahaminya. Sori mori.. ga berani upload file-nya.*

1. Creation, meliputi:
  • Tanggal bikin FB beserta jam nya.
  • Dimana dia bikin FB, di rumah apa di warnet.
  • Alat apa yang dipake untuk bikin akun FB, apa HP ato laptop.
  • Klo dia pake HP, akan muncul dengan type HP nya sekalian. Begitu pula kalau pake laptop, akan muncul dengan type, merk, OS laptop, browser yang dipake dll.

2. Usage, meliputi:
  • Tanggal update data, termasuk upload poto.
  • Tanggal dan tempat kamu akses FB.
  • Kata apa saja yang pernah kamu ketik di kotak search di FB.
  • Siapa saja dan kata apa saja yang pernah masuk inbox, wall, termasuk jawaban apa yang kamu kirimkan.

Dari data yang didapet... sudah bisa dilacak dari terakhir kamu login. Apalagi jika kamu pake smartphone yang notabene posisi login terus. Maka dengan mudah akan ketahuan keberadaanmu.

Tinggal masukin IP yang tercatat pada login ke jasa IP Locator di internet, maka akan muncul latitude code. Tinggal memasukkan kode latitude yang tercatat di terakhir kamu keliatan aktif, ke Google Map... sudah langsung ketemu.

Tentunya ini jadi hal yang ga enak klo kamu menggunakan FB secara semestinya, yaitu bersosial dengan orang lain, tanpa ada niat jahat apapun, tapi dijahilin juga.

Tips dari saya:
  • Gunakan dobel verify di FB.
  • Jangan pernah share password dengan siapapun, tidak ada yang bisa kamu percaya selain dirimu sendiri.
  • Jangan pernah show alamat email untuk login di FB, sekalipun itu teman dekat.
  • Klo pake alamat email Gmail untuk FB, dobel verification juga alamat email di Gmailnya.
  • Klo kalian disuruh bikin akun FB teman, masukin juga alamat email back-up mu. Jadi ada 2 email registered di akun FB-nya. Dan minta temanmu memahami bahwa ini juga untuk kebaikian kalian semua, biar backup emailnya ga di hapus sama temanmu. Hal ini juga buat jaga-jaga klo temanmu pake FB nya untuk hal aneh-aneh.

    Saya sudah pengalaman dengan yang ini, pahit. Waktu itu sengaja aku buat 2 registered email. Karena dari dulu aku jarang gampang percaya sama orang.

    Dan, sekali lagi super hati-hati bin paranoid itu ada gunanya.

    Beberapa hari kemudian ada komplain dari orang lain tentang temanku itu, malemnya aku cek, ternyata bener. FB dia dipake untuk hal-hal yang ga bener. Jadi aku paksa shutdown akun FB nya dari email back up satunya (bukan yang dia pake login). Aku ga pernah jelasin ke temanku itu dan pura-pura ga tahu.

OK segini aja sharenya...





0 comments:

Post a Comment

Semoga yang meng-copy-paste isi blog ini kemudian dipublikasikan ke media apapun tanpa seijin penulis mendapatkan SIAL 7 TURUNAN!