__________________________________________________

Nge-Root ga pake mikir

Ini, masih berhubungan dengan TREQ A20C dan pacarnya si Mister Unfortunately yang berhasil aku usir....

Jadi ceritanya ane sudah berhasil nge-flash itu tab. Tapi ternyata, meski ROM resmi dari TREQ, UI-nya tidak sama dengan bawaan dari tokonya. Salah satunya fungsi kontak hilang.

Apa gunanya?
Perlu diketahui, program semacam WhatsApp membaca kontak yang ada di gadget. Hal ini gak bisa diakali dengan download App dari Google Play.


Mengapa?
Karena pada dasarnya, semua App yang berhubungan dengan menejemen kontak di Android adalah pengembangan UI dari kontak yang sebenarnya.

Di beberapa gadget Android yang setelan Bahasa Indonesia, App ini muncul dengan nama "Orang". App jenis ini tidak bisa diinstall seperti App pada umumnya. Tidak ada cara lain selain memasang sendiri dengan cara masuk ke System dan reboot.

Namun untuk memasang ke dalam System, Android harus posisi root, dan menggunakan file manager yang khusus untuk rooted Android. Misal: Root Browser, Root Explorer, dll.

Masalahnya, bagaimana bisa nge-root, kalau sudah browsing sana-sini ga nemu software buat nge-root?

Ini solusinya.
  1. Siapakan komputer yang sudah terkoneksi ke internet, kabel data dan gadget yang akan di root.
  2. Buka Kingo Root dan download appnya, klik disini. Dulu bisa langsung dari websitenya, tetapi sekarang rupanya harus download appnya dulu. Dan sepertinya hanya untuk Windows.
  3. Install dan jalan kan Kingo Root, koneksikan gadget yang akan di root (pastikan USB debugging sudah tercentang).
  4. Tunggu sampe gadget terdeteksi, klik ROOT.
  5. Tunggu saja sampe gadget restart sendiri. Selesai.

Pengalaman saya, waktu langsung dari websitenya, hanya gadget awal 2013 ke belakang yang dikenal, tapi tidak ada salahnya dicoba, karena mereka selalu updte.

Sekali lagi, DO IT WITH YOUR OWN RISK!. Saya hanya share info, dan tidak bertanggung jawab klo ada apa-apa dengan gadget Anda.
Semoga yang meng-copy-paste isi blog ini kemudian dipublikasikan ke media apapun tanpa seijin penulis mendapatkan SIAL 7 TURUNAN!