__________________________________________________

Review: Bluetooth Wireless Keyboard Advance K-T10BT


Mengawali agar ga terjadi kesalahpahaman, ini hanya review sesuai yang saya alami. Bukan iklan, saya beli keyboard itu sendiri.

Awalnya saya beli ini buat mempermudah penyampaian materi pengajaran Bahasa Inggris.
Jadi, karena tidak menggunakan white board, maka laptop saya jadikan layar peraga.

Sebelum menggunakan keyboard ini, saya menggunakan Samsung Galaxy Chat untuk mengetik dan ketikannya muncul di layar laptop (sudah dibahas di SINI).
Karena keyboard nya relatif kecil, saya mesti melihat hape dan screen bolak balik untuk memastikan bahwa saya sudah mengetik dengan benar. Ada kesan tidak praktis.

Kembali ke keyboard, dengan ukuran hanya 282mm x 120 mm x 15mm, maka relatif mungil untuk dibawa ke mana-mana. Jadilah alat input untuk peraga di layar yang praktis...


Menggunakan tenaga baterai 2 x A3 (baterai remote control), bisa digunakan cukup lama. Apalagi bila kamu menggunakan baterai jenis alkaline.

Sejatinya, sesuai logo di F1, F2 dan F3, keyboard ini di design untuk iOS, Android dan Windows, namun pada kenyataannya ada beberapa alat yang bisa dikendalikan termasuk Mac dan Linux, yang penting ada bluetooth built di alat yang akan dikendalikan.

Khusus untuk pengguna MacBook, karena ini layout US-Keyboard Windows, maka tombolnya yang tersedia adalah tombol pengganti. Misal, tombol Command di Mac, bisa menggunakan tombol logo Windows disini, Opt di Mac diganti dengan Alt disini, dst...
Satu-satunya tombol yang tidak berfungsi di Mac tapi berfungsi di alat lain adalah tombol "\" (backslash) di sebelah kanan tombol shift kiri.

Bagaimana dengan Android? Gadget seperti Sony Xperia-J (sudah di tes) tidak bisa menggunakan keyboard ini (atau mungkin yang bingung saya?), tetapi sudah dites dan berhasil di MacBook, Windows laptop, Samsung Galaxy Chat, Samsung Galaxy Tab 3V, Smartfren G2 Qwerty, Smartfren C3 dan beberapa tablet yang sudah bluetooth built-in.
Tombol function semacam Play, Stop, Increase/Decrease Vol, Mute, Lock, Display off, berfungsi dengan baik, kamu relatif tidak menyentuh layar gadget Android.

Saya belum punya device iOS jadi kurang tahu seperti apa. Klo kalian pernah coba, tolong di share ya...

Dengan model koneksi one to one, maka, tidak mungkin ada ketikan nyasar ke alat lain yang sudah dipasangkan. Karena begitu dihubungkan dengan alat lain, maka alat sebelumnya yang sudah terhubung akan terputus secara otomatis.

Cara koneksi cukup sederhana, setelah baterai dipasang, kamu cukup menekan tombol hitam dibalik keyboard ini, lalu scan menggunakan hape/laptop yang akan dipasangkan. Lakukan selanjutnya sesuai petunjuk di layar.

Sama seperti bluetooth device lainnya, kinerja optimal secara teori maksimum jarak 10 M, namun pada prakteknya, kita tidak pernah jauh dari layar.
Bahkan ketika alat ini saya gunakan untuk chatting di TV (menggunakan laptop yang di hubungan televisi tentunya, saya belum beruntung memiliki smart TV wkwkwk), saya tidak lebih dari 4 M dari layar.
Jadi abaikan saja dengan pertimbangan jarak kinerja dengan alat yang dikendalikan. Tidak terlalu penting.

Minus Num-Pad, jadi jika kamu sudah terbiasa menggunakan keyboard laptop, maka tidak ada masalah dengan keyboard ini. Tombolnya sangat empuk tapi berisik, tidak seberisik keyboard desktop, tapi cukup berisik jika kamu pengetik 10 jari yang cepat.

Satu hal yang saya kurang suka adalah tidak ada tombol atau socket untuk ON/OFF (auto-off dalam waktu idle tertentu).

Sering kejadian, laptop ada di meja kerja, sementara keyboard ada di tas. Ketika tas terguncang, sepertinya ada tombol tertekan, maka laptop terkontrol dengan sendirinya.
Jadi ingat-ingat, kita mesti mematikan bluetooth di alat yang dikendalikan bila keyboard ini sedang tidak digunakan.

Plus:
Ringan, relatif kecil, baterai awet, cocok bagi yang kesusahan mengetik di hape, terutama penggila instant messaging.
Bisa digunakan sebagai pengganti Bluetooth Controller gamepad (full control untuk game Asphalt 8 besutan Gameloft), jadi layaknya kita main game di komputer, hanya saja tanpa mouse.

Minus:
Tidak ada num-pad, tidak cocok untuk akuntan. Layout Windows menyulitkan pengguna Mac. Berisik untuk pengetik 10 jari, backslash terletak diantara shift kiri dan tombol Z sering mengakibatkan salah pencet, karena memang tidak umum bagi pengetik 10 jari. Tidak ada tombol ON-OFF di keyboard, jadi kalau sudah dipasangkan dengan alat, selama keyboard ini ada dalam jarak kendali, maka alat tersebut bisa di-input.



33 comments:

  1. tinggal search saja via gadgetnya gan.. ntar minta PIN, ketik PIN nya di keyboard ini... kalau di search tidak mau, tekan tombol reset dibawah keyboard ini.. terus coba search lagi via gadgetnya... gampang kok gan..

    ReplyDelete
  2. Gan punyaku ngak ada tombol hitam di belakang keyboard.,caranya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang type ini ada gan.. punya agan type apa ya? Coba buka buku panduannya... barangkali ada cara resetnya.. makasihndah mampir..

      Delete
    2. Cara utk pairing tekan ESC dan Q bersamaan utk mengaktifkan searching bluetoothnya pada saat yg sama gadget yg mw diaktifin jg mencari. Nanti keluar angka pd gadget, kemudian angka tsb diketik pada keyboard dan terakhir tekan enter.

      Delete
    3. Terima kasih banyak kak infonya

      Delete
  3. gan, punyaku juga tidak ada tombol hitamnya
    dan tidak bisa di pakai di iMac.
    rugi deh belinya.

    ReplyDelete
  4. gan, punyaku juga tidak ada tombol hitamnya
    dan tidak bisa di pakai di iMac.
    rugi deh belinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo boleh tau type apa yang dibeli gan? sudah lihat di buku panduannya belum ya?

      Delete
    2. Posisi tombol hitam disamping tempat batere, kemungkinan tertutup kertas garansi. *pengalaman pribadi

      Delete
    3. heheh.. iya benar gan, disebelah tempat batre.. kebetulan yang ane beli tidak tertutup apa-apa, jadi kelihatan jelas.
      Makasih pencerahannya.

      Delete
  5. gan, cara pairingnya gimana, ga ada on offnyaaa, pencet apa sih di keyboardnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. type ini memang tidak ada tombol on/off nya. cara pairingnya, dibalik keyboard type ini, ada tombol reset hitam, tekan saja pakai kuku selama 1-2 detik, terus lepas. scan blutut via gadgetnya, nanti di layar gadget bakal muncul dialog minta kita ngetik PIN di keyboard ini, kemudian ENTER. udah gitu aja

      Delete
  6. punya saya sudah paired di win 7 starter tapi tidakbisa dikai untuk mengetik, kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake laptop apa desktop gan? klo pakai laptop pasti bisa, kemungkinan ada yang kurang di settingannya. klo pakai desktop dan bluetooth dongle (seukuran flash disk), tergantung tipe dongle-nya. Karena ada dongle yang hanya mau menerima satu koneksi, tidak koneksi banyak alat bersamaan. Makasih dah mampir..

      Delete
  7. punya saya serinya sama tapi gak ada tombol on/off nya, untuk pairing teken tombol apa di kyboard ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai jawabah agan Jaenal diatas, tombolnya ada di sebelah batre, warna item (mungkin juga tertutup sticker). Kalau typenya sama, seharusnya designnya sama. Coba di cek lagi ya. Makasih dah mampir.

      Delete
    2. Sesuai jawabah agan Jaenal diatas, tombolnya ada di sebelah batre, warna item (mungkin juga tertutup sticker). Kalau typenya sama, seharusnya designnya sama. Coba di cek lagi ya. Makasih dah mampir.

      Delete
  8. Min biss difotokan bgian blakang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek https://2.bp.blogspot.com/-H3SHLtE0Sk4/WBbQ0s9aTLI/AAAAAAAAAuQ/rdVUuPHsfwM6Iz_J9l7MEH5IQ40NQR90QCLcB/s1600/IMG_20161031_115648.jpg
      itu titik hitam sebelah kiri batre adalah tombol resetnya...

      Delete
  9. Gan punyakj gk ad tombolnya cara. Pairingnya gmana mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukunya ga ada ya gan? boleh tau type mereknya gan? bisa potoin gitu.. heheheh

      Delete
    2. ada lubang di samping tempat batre didalamnya ada tombol hitam tah eta

      Delete
  10. Permisi gan. Kalo boleh tahu kisaran harganya berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seingat ane 85K gan... da lama itu... sekitar 4 tahun lalu dapetnya.

      Delete
  11. Punya saya gk ada tombol reset, baterai cuma 1, dulu saat di pencet esc+q bisa ke detect, skr ini gak bisa kedetect. gimana caranya ya gan.

    ReplyDelete
  12. Kalo ngirim pesan pas aku pencet enter bukan kekirim malah kebawah?

    ReplyDelete
  13. Gan punyaku tipe k-t10bt, ini dibelaknangya gaada tombol itemnya itu ya gan ? Bahkan di sebelah tempat baterei pun juga ga ada mohon sarannya gan

    ReplyDelete

Semoga yang meng-copy-paste isi blog ini kemudian dipublikasikan ke media apapun tanpa seijin penulis mendapatkan SIAL 7 TURUNAN!