__________________________________________________

Pilih WhatsApp apa BBM?

Bukan saya tidak mau pakai instant messaging service lain, tetapi menurut saya nih... yang lain kurang greget.
Misal KIK Messenger, ringan, tapi emot minim dan tidak ada kontak list. Juga belum mendukung share selain foto.
ChatOn, eksklusif hanya pengguna Samsung.
Google+, terlalu berat, bahkan ketika saya menggunakan koneksi 3G.
Facebook Messenger, ribet, karena terpisah dari layanan medsos, maka harus install dua app sekaligus untuk satu koneksi Facebook. Pada hape model lama, ini bikin lemot. Solusinya, menggunakan FBLite, tapi di FBlite tidak bisa mention dan comment melebihi 100 akan dipotong dan tidak bisa lihat lebih dari 100 comments.
LINE, terlalu banyak gimmick, jadi kesannya ABG banget dst.. dst..
Jadi, perbandingan jatuh pada Blackberry Messenger (BBM) dan WhatsApp (WA) dimana, kebanyakan user Android malah menggunakan keduanya. Termasuk saya hehehe.
1. CARA AKSES.
WA menggunakan nomor handphone, hal ini jadi kurang privasi, terutama jika terhubung dengan orang yang baru kenal (apalagi kenal via online). Belum tentu dia baik. Dengan nomor hape, orang bisa menghubungi via SMS dan telepon jika WA tidak aktif, apapun tujuannya (kecuali, WA gunakan di gadget yang fungsi telepon/SMS dimatikan).
BBM, menggunakan alamat email dan password, yang nantinya ditukar PIN. Lebih private, namun tidak cocok untuk generasi orang tua dan orang gampang lupa ID dan password.
2. GADGET
WA resmi hanya bisa diakses di semua gadget yang ada fungsi telepon dan SMS. Jadi jika kamu mencoba install WA resmi di tablet yang cuma wifi, dia tidak akan mau. Kamu harus cari offline installer untuk melakukan ini. Namun demikian, jika gadget mu selain tidak mendukung telepon/SMS juga tidak mendukung contacts, terpaksa di root, kemudian ditambahkan contact.apk di systemnya.
BBM bisa bisa digunakan di gadget mana saja. Tidak perduli ada fungsi telepon/SMS atau tidak.
3. KOMPUTASI
JIka kamu ingin akses WA lewat komputer agar bisa sharing isi komputer, kamu tinggal buka browser dan masuk ke web.whatsapp.com, nanti tinggal scan QR via gadget yang WA-nya akan diakses. Selain itu, bisa juga menggunakan emulator Android di komputer.
BBM tidak bisa diakses lewat komputer kecuali menggunakan emulator Android di komputer.
4. PERBEDAAN FITUR
Di WA, ada fitur Bookmark message menggunakan starred message. Sangat berguna jika kamu punya grup yang berbagi informasi. Jadi bisa ditandai mana saja pesan-pesan penting. Dan bisa di list kapan saja selama pesan tersebut belum dihapus, di BBM belum ada, setidaknya ketika tulisan ini dibuat.
Ukuran Font di WA bisa disesuaikan, tidak seperti di BBM, dimana ukuran font mengikuti setting ukuran font yang ada di system.
Di BBM, kamu bisa kirim foto ukuran asli melalui HD Picture, sangat cocok jika akan dicetak, karena foto tidak diresize, jadi tidak berantakan pikselnya. Hal ini di WA belum ada.
Pengiriman file non-media (video/gambar) bisa dilakukan di BBM, di WA belum ada.
Built-in online drive macam DropBox juga sudah didukung oleh BBM, sementara WA belum mendukung online drive.
Jika kamu penggila sticker seperti di LINE dan KIK, di BBM juga disediakan, sementara di WA tidak ada.
BBM Channel memungkinkan kita memiliki semacam "mini blog" yang bisa diakses dan diupdate via BBM, di WA belum ada.
Di WA, semua media yang di share otomatis akan masuk ke galery di hape. Ini sangat mengganggu terutama klo lagi dapat media yang &segar& #ups! Sementara di BBM, selama belum di download, media tetap ada di aplikasinya.
Ada Private Chat di BBM, cocok untuk penggemar rahasia-rahasiaan. Karena private chat akan auto-delete setelah tidak digunakan dalam sekian detik. di WA belum ada.
Di BBM bisa menggunakan Timed Message, cukup tekan tahan pesan untuk baca, kemudian pesan akan hilang dalam sekian detik (jadi mirip idenya Mission Impossible wkwkwkw), di WA belum ada.
Ada pula Retract Message, yang "menarik ulang" pesan, seolah-olah kita tidak jadi "ngomong", ini juga belum ada di WA
5. IKLAN
Di BBM iklan disematkan via recent update, penjualan sticker, ribbon ads yang muncul di chat list serta BBM Invite (ini yang paling saya benci!!! Invite palsu dan menyebalkan), sementara di WA tidak ada iklan. Meskipun di WA tertulis harus bayar sekian Rp. per tahun, tapi selama ini saya merasa tidak pernah bayar hahahahaha... ga tau juga klo potong pulsa.
Kesimpulan:
WA lebih simple, ringan secara operasional, tidak ada iklan tapi kurang private (menggunakan nomor hape), bisa jalan meski koneksi level GPRS.
BBM lebih kaya fitur, agak berat (tidak mau jalan di koneksi selain 3G keatas), ada iklan dan private karena menggunakan PIN. Bisa punya channel sendiri, bisa kirim file non-media serta HD picture.
Silakan pilih, semua tergantung kebutuhan. Tetapi saya butuh fitur di keduanya, jadi saya gunakan keduanya.

0 comments:

Post a Comment

Semoga yang meng-copy-paste isi blog ini kemudian dipublikasikan ke media apapun tanpa seijin penulis mendapatkan SIAL 7 TURUNAN!