__________________________________________________

Pokemon Go: Dua Sisi

Dari awal game buatan Niantic ini mulai populer, langsung "dikategorikan" bahwa game ini tergolong BERBAHAYA, dan seterusnya dan seterusnya. Sampai-sampai sempat muncul kabar kalau game ini dilarang di berbagai negara. Entah benar apa tidak, saya tidak tahu.

Apa iya se-serem itu?
Kalau menurutku sih, semua game itu BERBAHAYA, kalau dimainkan tidak sesuai aturan, tempat dan waktu. Jadi bukan Pokemon Go saja.

Contoh kecil, anakku, yang masih usia 5 tahun, sempat main game putri-putrian yang di make up, saking senengnya mo nunjukin hasil "make-up" digitalnya, dia lari ke ibunya, dan jatuh. BERBAHAYA bukan?

Apapun yang dilakukan, yang penting tetap kendali ada di kita, maka tidak ada kata BERBAHAYA.

Oke, balik ke Pokemon Go, apa menariknya?
Game ini di design untuk mengajak gamer keluar rumah dalam arti sebenarnya. Jalan-jalan menangkapi pokemon di luar sana. Jadi kita tidak bisa terus-menerus diam ditempat (bila kita tidak ada incense atau lure module) untuk menangkapi pokemon. Dengan demikian, kita bisa bertemu sesama gamer Pokemon Go secara langsung dan mungkin bisa berteman (karena satu aliran gamer kali ya..!).

Dari pokemon-pokemon yang kita tangkap, bisa kita kumpulin saja seperti layaknya kolektor (saya termasuk yang ini.. hehehe.. buat seru-seruan sama anak) atau nanti bisa kita adu di tempat yang dinamai GYM. Baik itu di adu sesama tim untuk menaikkan level dan prestige, atau di adu dengan tim lain untuk mengambil alih GYM tersebut.


Apa sisi baik dari game ini?
  1. Sehat
    Karena gamer tidak bisa duduk-duduk terus, tetapi harus jalan-jalan ke spot-spot yang biasa ada pokemon.
  2. Satu game untuk rame-rame.
    Jika Anda punya keluarga kecil, tidak ada salah nya naik motor pelan-pelan, keliling-keliling. Bonceng anak yang nyari pokemon, dan dibelakangnya dipegangi oleh ibunya. Saya kira ini tidak berbahaya. Toh juga sangat pelan, dibawah 20km/jam. Anda harus minggir banget itu. Anda fokus nyetir, si anak fokus nyari, ibunya fokus keselamatan anak dan dia sendiri.
  3. Mengisi quality time untuk keluarga.
    Jika di sekitar Anda ada taman bermain yang ada pokestop dan spot-spot dimana pokemon sering muncul, maka bisa jadi anak Anda akan menikmati suasana menyenangkan tersendiri.
  4. Nambah teman.
    Seiring kita keluar dan bertemu dengan sesama gamer, maka bisa bisa menambah teman.

Sisi buruk dari game ini dan cara mengatasinya?
  1. Baterai
    Ya, karena minta koneksi GPS dan internet terus menerus, baterai cepat habis. Anda sebaiknya bawa power bank untuk ini.
  2. Rentan kecelakaan.
    Jika Anda sedang berjalan kaki nyari pokemon, sementara mata terus menatap layar, ada kemungkinan Anda tersandung, tertabrak atau menabrak sesuatu. Jangan konyol,
    Cara pertama: jalan saja seperti biasa dengan gadget di saku (app terbuka), saat ada pokemon, gadget akan bergetar. Tinggal minggir, buka gagdet, tangkap pokemon. Begitu seterusnya.
    Cara ke dua: sama dengan cara pertama, hanya saja pasang handsfree bluetooth sebelah (bukan stereo) agar kita masih bisa mendengarkan area sekitar. Dengan demikian, setiap ada pokemon atau dekat pokestop akan ada suara yang masuk.
  3. Kecapekan.
    Kalau Anda jalan terus saking semangatnya dan capek, ya istirahat dulu. Banyak warung es menanti hehehe.
  4. Buang-buang waktu saat bekerja
    Kalau ini sih, tidak ada cara mengatasinya, selain mental dari pekerja-nya wkwkkwkw...

Apa masih tergolong berbahaya? Menurut anda?

0 comments:

Post a Comment

Semoga yang meng-copy-paste isi blog ini kemudian dipublikasikan ke media apapun tanpa seijin penulis mendapatkan SIAL 7 TURUNAN!