__________________________________________________

Review: Mini Router Smartfren E2X1H

Ini bukan advertorial, melainkan hanya sharing. Karena gadget yang saya review saya beli sendiri dan tanpa ada muatan iklan.

Pindah dari Smartfren Exstream Wifi yang batrenya sudah mulai menggembung akhirnya kesampean juga. Jujur, banyaknya berita hape meledak saat di charge juga bikin ketir-ketir.

Bagaimana tidak, 60% dalam sehari-hari, hape ini terpaksa dihajar dengan koneksi listrik karena harus melayani 1 hape android dan 1 laptop.

#Dalam kasus ekstrim, masih ditambah 1 tablet android, 1 video player i-play buat browsing di tipi, kadang masih juga di tambahi gadget nunut punya orang lain... sampe internet berasa naik becak yang ban-nya kotak, pas di jalanan nanjak....

OK, pindah ke mini router ini, apa bedanya?


  1. Paket Pembelian.
    Standar. Router, kabel multifungsi, untuk data dan charger termasuk untuk output power bank. Dos, buku panduan. Hanya saja tulisan di Dos dan buku panduan nggak sinkron, juga gak jelas.
    Contoh:
    Di dos ditulisi, didukung Mac 10.5, dibuku panduan, ditulis minimal 10.7. Saat praktek, saya tancepin di Mac 10.7.4 ga kenal. Ya sudahlah...
  2. Bodi.
    Mungil, itu kesan pertama. Begitu dipegang, lumayan berat dan tebal. Jadi, meski portabel, kurang cocok dimasukkan saku baju, karena sudah pasti menonjol. Pas bila dimasukkan kantong jaket atau tas.
    Dan memang tidak seperti hape, karena bodinya tanpa display, hanya panel dengan lampu LED untuk indikator Batre, Sinyal EVDO, WIFI Broadcast, Charging dan SMS. Pada sisi samping ada Port charging, Reset, Power Bank On/Off, Power On/Off, Power bank output. Pada sisi lain ada tutupnya, ada 2 port tesembunyi berisi RUIM card dan SD Card.
    Satu hal yang saya kurang "sreg" adalah bodinya dari plastik yang licin tanpa ada semacam lekukan-lekukan, sehingga mudah jatuh kalau kurang hati-hati.
  3. Fitur
    • Mini Router
      Router untuk koneksi ke internet hingga 6 user secara bersamaan. Bayangkan bila Anda menggunakan hape dan laptop, anak Anda menggunakan PS3 atau 4, istri Anda menggunakan tablet. Sementara mungkin orang tua Anda pingin browsing resep di TV lain....
      Router ini, mungkin salah satu jawaban untuk kebutuhan Anda, satu langganan, untuk semua.
    • Power Bank
      Apakah Anda termasuk orang yang jauh dari listrik dalam sehari-hari? Misal, tiap hari kerja Anda bolak-balik antar kota se-Indonesia. Sementara kebutuhan komunikasi tidak mungkin ditinggalkan. Power Bank memang bisa jadi solusi yang membantu.
    • Wireless Disk
      Pernah berpikir punya media penyimpanan eksternal tanpa menyentuh port USB? Ya, mini router ini bisa digunakan sebagai wireless disk dengan 2 cara:
      1. Diakses langsung via WIFI
      2. Diakses via internet, jadi meski router ini ada di rumah, selama posisi ON, Anda bisa mengambil data dari mana saja, selama Anda punya koneksi internet.
    • USB Disk
      Perlakuan sama dengan USB flashdisk biasa. Cukup dintancepin aja.
  4. Fitur lain:
    Hidden SSID
    Ini bagus dan pantas dapat jempol untuk personal WIFI yang gampang banget dibobol. Dengan hidden SSID, maka router ini tidak bisa di scan oleh gadget Android, meski bisa di scan oleh komputer. Namun demikian, meskipun bisa ter-scan komputer untuk koneksi harus mengisi manual nama SSID dan passwordnya.
Hasil test dengan menggunakan bonus internet bawaan (6GB/30hari) saya dapat download speed range 300 s/d 699 kbps.

Kondisi tes:
  • Test dilakukan pukul 12.30an (pastinya ini jam sibuk atau peak time).
  • Koneksi wifi dibagi 2 dengan hape Android.
  • Menggunakan Mac 10.7.4 untuk download patch The Sims 3 sebesar 1.6 GB.
  • Browser konek ke blogger, situs The Sims 3 dan Facebook.
  • Hape Android auto update WA, BBM, FB dan email.
  • Tanpa menggunakan download manager!

Dengan harga (saat saya beli) 499rb-an, mungkin bisa dipertimbangkan sebagai salah satu solusi all in one internet subscription.
Oke, untuk ketahanan batre saya belum bisa share, karena baru saya aktifkan hari ini. Nanti kalau ada tambahan akan saya update.

UPDATE:
  1. User Windows mungkin bakalan terganggu karena setiap buka browser, router ini kadang membuka situsnya smartfren dengan sendirinya sebagai startpage. Masalahnya situs yang dibuka penuh dengan gambar. Saya ga ngerti, apakah ini makan jatah kuota apa nggak. Sementara saya ga pernah mengalami ini di Mac atau Android. Jika kamu pengguna Linux, tolong di share ya?
  2. Jika posisi ON terus, tidak nyaman jika dimasukkan saku, karena router ini jadi agak panas.
  3. Entah karena kepanasan apa nggak, router ini sering mati dengan sendirinya meskipun power masih ada.
  4. Batere bisa bertahan seharian tanpa di charge dalam posisi ON terus menerus.

9 comments:

  1. saya baru membeli mini router ini, belum sebulan udah habis kuotanya, gimana cara isi ulang kuotanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk router ini amat sangat gampang. klo ane lagi bokek, tinggal tak isi pulsa 10rb atau 5rb, boleh transfer dari hape smart lain, boleh beli ke counter... langsung bisa internetan... klo lagi habis gajian, tinggal isi 50rb atau 100rb buat 1 bulan gan.... gak perlu reg reg apapun... pulsa otomatis di konversi ke data...

      Delete
  2. gan punya saya kok gk bisa masuk ip 192.168.1.1 ya itu solusinya gimana????.........................win7

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditulis lengkap ya gan... http://192.168.1.1 bisa kok...

      Delete
  3. kalau kartunya rusak di ganti dengan yang kartu smart baru bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja gan, router ini lock smartren, tapi tidak lock nomornya. Intinya bisa gonta-ganti nomor selama masih smartfren. Cuma perlu dipertimbangkan untuk pindah ke 4GLTE, karena 3G sudah mulai ditinggalkan.. Makasih dah mampir.

      Delete
    2. Brarti smartfren gsm itu ya bisa dipakai gan?

      Delete
  4. Apa bisa modem ini dipasang kartu 4g

    ReplyDelete
  5. Kenapa modem wifi semartfrent model :E2X1H kaya sama persis di atas di ganti kartu perdana nya kok ngak bisa koneksi ke Internet net ya apa kartu perdana nya yang jenis berbeda, saya ganti kartu yang anlimited tapi ngak bisa konek ke Internet gimana cara nya sih ini karna udah lama ngak di pakai jadi di pakai lagi ngak bisa?

    ReplyDelete

Semoga yang meng-copy-paste isi blog ini kemudian dipublikasikan ke media apapun tanpa seijin penulis mendapatkan SIAL 7 TURUNAN!