__________________________________________________

Cara Bermain Game Android dengan Stick PS3 Gadungan

Jangan pernah bilang "pake bluetooth?" ya.. ntar pada diketawain kutu kasur. Sudah jelas judulnya "Stick PS3 Gadungan" ya gak mungkin ada bluetoothnya, karena bukan original, alias KW.
Harganya aja 75rb (KW) vs 350rb (original).

Tapi sudahlah, yang jelas bisa dipake kok.
Seru gak harus mahal! Itu prinsip!



Ini semua gara-gara bernostalgia dengan si Mario Bros yang sulitnya kelewatan cuma gara-gara pengendalinya lewat layar sentuh, jadi rata, sering missed, hingga selalu matinya konyol. Klo ga ketabrak kura-kura... ya jatuh ke jurang karena gak lompat di waktu yang pas.

Mikir-mikir, inget-inget.. iseng nyoba pake stick PS3, ternyata bisa... separuh...
Loh kok separuh?
Iya, karena cuma bisa geser-geser menu dan buka App,..
Separuhnya?
... separuhnya butuh perjuangan yang maha-ribet.

Ok, sudah dulu basa basinya, siapin bahannya
  1. Tablet Android atau Phone minimal ICS, yang support OTG dan sudah di ROOT!
    Root ini, wajib disini.
  2. Kabel OTG, bisa juga pake bawaannya.
  3. Stick PS3 Gadungan, Ori lebih baik.
  4. Kabel penghubung stick ke kabel USB OTG.

Test menggunakan Tablet Treq A20C yang sudah di Root, Stick PS3 Gadungan, Kabel data milik Canon DSLR camera, Kabel OTG bawaan. Game Mario Bros versi Original Nintendo yang sudah kita bahas di postingan lain di blog ini.

Saya tidak berhasil menggunakan kabel data bawaan Stick PS3 Gadungan, makanya saya coba pake kabel data milik kamera, sepertinya memang beda pin-nya. Seandainya kamu sukses dengan kabel data bawaan Stick PS3 Gadungan.. maka kamu lebih beruntung dari pada saya.

Caranya:
  1. Download Tincore Keymapper Di Sini. Ada versi gratis dan Pro, saya pake yang Gratis... hehehe.
    Saya sudah banyak coba App untuk pendukung Stick PS3 termasuk Six Axis Controller, Six Axis Enabler dan lain-lain..., tapi gagal. Kamu bisa mencobanya kalau mau.
  2. Install Tincore Keymapper.
  3. Pasang Stick PS3 pake kabel.
  4. Sekarang seharusnya secara langsung kamu bisa mengontrol menu menggunakan stick PS3.
  5. Jalankan Tincore Keymapper. Biasanya dia jalan minimize.
  6. Buka Menu - Setting - Bahasa & Masukan (Language & Input), beri centang pada Tincore Keymapper dan ubah default input ke Tincore Keymapper.
  7. Kamu boleh sentuh atau gunakan Analog atau D-Pad untuk memindah-mindah menu (biasanya Segitiga untuk Enter atau Lingkaran untuk Back). Cari game yang kamu ingin mainkan, jalankan.
  8. Setelah game terbuka, lihat di Tray dekat jam, sentuh disitu untuk memunculkan aplikasi Tincore Keymapper. Dia nanti numpukin game yang terbuka tadi dengan transparan 30%, jadi kayak overlay gitu.
  9. PENTING! Scroll ke bawah, pada menu Tincore Keymapper dengan icon Joystick, cek apakah stick telah di deteksi, (pada saya tertulis IN: SZMY-POWER CO.,LTD GAMEPAD 3 TURBO). Jika belum, koneksikan dengan internet, agar bisa download profile-nya otomatis. Tanpa profile stick ini, kita tidak bisa setting.
  10. Disini letak kesabaran diuji. Tergantung game yang kamu mainkan, saya test game Mario Bros.
  11. Dengan visibility Tincore Keymapper ON, saya aktifkan tombol-tombol Area 0 menjadi Touch Pad, lalu t0 dan t1 menjadi Touch Screen.
  12. Geser tombol-tombol virtual Tincore Keymapper tadi dengan menekan tahan kemudian drag, ke atas (persis di atas) tombol Select, Start/Pause, A-B. (Saya menggunakan X untuk lompat, Kotak untuk menembak/lari cepat dan L1 untuk Start/Pause).
  13. Jika mapping tombol dirasa cukup, tekan tanda TICK di menu Tincore Keymapper paling atas, agar setting ini disimpan di game terkait, supaya tidak perlu nyetting lagi di kemudian hari. Tincore Keymapper akan kembali minimize ke Tray, sekarang coba mainkan menggunakan Stick PS3 nya. Kalau belum puas, buka lagi Tincore Keymapper nya via Tray, setting lagi... begitu seterusnya sampai kamu rasa cukup. Jangan lupa untuk selalu menekan tanda TICK setiap kali ada perubahan.

Apa keuntungan pakai model ini?
  1. Pengendalian game lebih nyaman, gak mungkin meleset bila sudah hapal tombol.
  2. Screen relatif lebih awet, tablet cukup disandarkan pada map tablet dan kita tidak perlu repot-repot menyentuh sana-sini. Perlu diingat, gamer kadang tidak bisa mengendalikan emosi bila level terlalu sulit atau berada pada detik-detik kemenangan, tanpa sadar menekan layar melebihi biasanya.
Kekurangannya?
  1. Setting tombol harus dilakukan SATU PER SATU TIAP GAME!
  2. Ribet setting ya ribet kabel.
  3. Baterai cepat habis, karena Stick PS3 juga minta daya.
CATATAN:
Game Asphalt 8:Airborne sudah fully compatible dengan Stick PS3 Gadungan ini. Dia langsung detect, GAMELOFT emang keren. Jadi tidak perlu setting-setting pake Tincore Keymapper.

Mau coba?

26 comments:

  1. Walaaah kebetulan persoalan saya juga sama. Tabletnya sama pula, treq A20C. Sy pikir kayak tablet lain, bisa langsung colok joysticknya dan main. Ternyata gak bisa. Wah wah...

    Berarti nanti mau main emulator SNES, GBA atau PS bisa pake stick ya di A20C.

    Tapi sy bingung. Gimana cara nge-root A20C ini? Ada tutorialnyakah?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tablet yang koneksinya pakai kabel belum bisa model konek langsung main. TETAPI, semua GAMELOFT bisa... itu asiknya, tinggal konek, main... ane sudah test di Asphalt 8 Rebourne, lancar jaya meski tanpa ROOT.

      Untuk Root yang ga pake mikir silakan klik http://technowired.blogspot.com/2014/06/nge-root-ga-pake-mikir.html... tinggal install program, konek inet, tancap tablet... biarkan... selesai dengan sendirinya..

      Selamat mencoba. Thanks udah mampir.

      Delete
  2. Pasang Stick PS3 pake kabel.itu pasang dari mana ya ga ngerti gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bawan kabel OTG ya gan? itu ditancepin yang micro USB nya ke tablet... terus sisi ujung satunya kan USB, itu disambung ke stick PS3 gadungannya.. Untuk kabel OTG, pastinya sudah bawaan tabletnya.

      klo masih belum ada gambaran, coba googling image saja, pakai keyword kabel OTG dan port micro USB...

      thanks udah mampir.

      Delete
  3. Gan kalau pake joystick pc bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ane yang kurang beruntung, tapi sudah ane coba Gan.. ga bisa.. kan joystick PC sejatinya butuh driver, hanya saja di windows sudah ada paketan drivernya, jadi seolah2 driverless... ga tau juga untuk joystick PC yang bermerk... klo ada pinjeman, dicoba saja pinjem wkwkwk...

      makasih da mampir...

      Delete
  4. harus menggunakan stik ps 3 mas? gak bisakah menggunakan stik ps usb untuk PC??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tengok jawaban diatas ya gan... makasih sudah mampir.

      Delete
  5. Kalo fifa 14 bisa engga gan pake stik?tolong pencerahannya dong.makasih

    ReplyDelete
  6. Kalo fifa 14 bisa engga gan pake stik?tolong pencerahannya dong.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas gan... kalau mau ribet smua game bisa pakai cara diatas... hanya gameloft product yang ga perlu cara diatas... setidaknya ane sudah tes, dan asphalt serta prince of persia bisa langsung main...

      Delete
  7. kalau stick ps3 warlless
    HH addroid harus suport USB OTG juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stick PS3 wireless sudah support bluetooth gan, klo HH nya emang support bluetooth juga, langsung pair saja. Gunakan app semacam six axis enabler di HH nya buat ndeteksi. Tapi kalau HH nya tidak support bluetooth, ya terpaksa dikoneksikan pakai kabel dan HH-nya harus support OTG.

      Delete
  8. Min, tolong bantu seting buat game final fantasy 4 after years (full touchscreen),,sya pake stick usb merk sturdy, sudah kedetek dgn nama 'mikrontek' usb joystik..sya bngung setingx min,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur ane blom pernah main game final fantasy versi android, tapi jika semua mengandal sentuhan, otak atik tincore keymappernya ya gan... tinggal dipas kan area2 yang perlu disentuh saat main. Tapi kalau gamenya menggunakan swipe jari, sepertinya ga bisa gan... tidak ada pengganti swipe jari di joysticknya...

      Delete
  9. Gan, ane udh coba cara di atas tp stik ps3 tetep gk mau konek (gk ke deteksi)
    Ad solusi kah supaya ke deteksi?
    Mksh sblum'y gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari pinjeman kabel kamera digital gan, klo stick normal (bisa dipake di ps3 tanpa masalah), kemungkinan cuma kabel yang gak pas. Aneh emang, tapi nyatanya beda kabel, beda harga, beda pula kompatibilitasnya.

      Delete
    2. Klo utk kbel sendri work gan, krn sblum'y udh d coba d hp tmen sony xperia yg udh suport stik ps 3, bwt jlanin ePXSE jg lancar, kbel otg + kabel data msh sama.
      Pas di pairing via bluetooth d hp xperia tdk mau konek (ad peringatan masukan pin kode pasangan) krn d stik ps3 gk ad input bwt masukin pin yg sama. Jd gk bsa pairing
      Hp saya advan s5f sdh root jg udh d cutom

      Delete
    3. Sayangnya advan S5F sepertinya sepanjang yang ane tahu nih, belum support OTG gan, setidaknya sudah dites pake flash disk ga detect. Kalau mau konek pake blutut, apa itu menggunakan Six Axis Controller dan Six Axis PairTool? Pake PC settingnya sebelum dikonek ke hape, klo belum coba ya gan,...

      Delete
  10. Klo s5f ad 2 tipe gan mediatek (blum suport otg) & yg satu nya broadcom (udh suport)
    Kmrin cba otak-atik trus akhir'y bsa k baca IN:USB_PS3:054C:0268_0_0

    Klo pakai sixaxis pairtool sya udh coba d lepi tp master adress bluetooth stik ps3'y gk bsa di update (di rubah sesuai adresss di hp), kdang" bisa tp klo kabel data di lepas blik kesemula lg...pdhal tombol yg d bwah stik gk d reset.
    Sya jg bingung ini gmna cra'y master adress bluetooth bisa fix di update gk blik k smula.

    Pling cara yg terakhir pakai otg+kbel data krn udah prnah coba work
    Tinggal maping'y masih bingung, ad ss gk gan?
    Klo boleh minta pin bb, kontak'y gan cs komen dsini agk susah gan, capca kdang gbar gk terlalu jlas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo... ada 2 type ya gan.. maap, saya pikir ada 1 type saja hehehe. emang susah-susah gampang update blutut adress di pc. kebetulan yang test teman ane, saya cuma ngeliat, dan emang work blututnya.

      soal mapping, coba perbesar ss mariobros diatas gan, itu di tengah ada tombol virtual t0, t1, dst.. tinggal tekan tahan, geser ke tempat yang memerlukan touch, untuk game ini ada di tombol A dan B, reset dan pause (ada garis abu2 ditengah). Nanti t1, 10 dll, di "link" dengan tombol sticknya, entah segitiga, silang, kotak dst...

      pin bb, ada di page ini gan.. besar2 lagi hehehe...

      Delete
  11. Gan hp saya udah supot usb otg/udah bisa konek plashdisk tapi kenapa ya gan joystik usb gak konek cuma indikator led di joystick aja yg nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. HP nya type merk apa gan? klo led nyala seharusnya bisa.

      Delete

Semoga yang meng-copy-paste isi blog ini kemudian dipublikasikan ke media apapun tanpa seijin penulis mendapatkan SIAL 7 TURUNAN!